Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Profil Jurusan

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)  merupakan kompetensi keahlian pada rumpun program keahlian teknik otomotif. Jurusan ini memfokuskan peserta didiknya dalam bidang otomotif khususnya mobil, baik niaga maupun penumpang. Peserta didik akan dibekali keterampilan seperti melakukan perawatan dan perbaikan komponen mobil sampai dengan perbaikan mobil sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Keunggulan Kompetensi 

Kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan membekali peserta didik dengan pengetahuan, sikap, prilaku dan ketrampilan agar kompeten dalam :

  • Bidang kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang diberikan, sehingga mampu mengembangkan dan mengaplikasikan dalam pekerjaanya secara mandiri dan dapat mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industry sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang handal.
  • Memiliki karakter, mampu berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam kompetensi keahlianTeknik Kendaraan Ringan.
  • Menciptakan Lapangan Kerja sendiri atau bewirausaha dalam bidang kompetensi keahlian teknik Kendaraan Ringan.

Program Unggulan

Kompetensi TKRO SMKN 1 Singgahan menekankan pada pembelajaran “Budaya Industri” dengan tujuan peserta didik menerima pengetahuan tentang budaya industri,  sehingga dapat memenuhi kriteria kecakapan kerja yang menekankan mentalitas bekerja sistematis, efisien, dan efektif untuk membentuk lulusan “SIAP BEKERJA”. Artinya para siswa yang sudah mengenal Budaya Industri diharapkan sudah jauh lebih siap untuk mengaplikasikan keterampilan teknis tertentu yang spesifik dengan jenis pekerjaan yang akan ditangani di dunia industri.

Peluang karier

Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan TKRO antara lain :

  • Teknisi atau Mekanik pada Bengkel Resmi
  • Teknisi perakitan atau produksi pada industri kendaraan
  • Wirausahawan bengkel perawatan dan perbaikan kendaraan.
  • Modifikator atau pemilik toko onderdil modifikasi mobil
  • Owner jasa perawatan mobil.