Artikel,  Hubungan Masyarakat,  Tak Berkategori

Berbisnis Tangguh di Masa Pandemi Oleh Indira Fajarini

Berbisnis Tangguh di Masa Pandemi

Nama                         : Indira Fajarini

Nama Suami             : Sertu Lilik Kurniawan

Nama usaha             : Boneka custom/profesi

No. HP                       : 085235641999

Nama Instagram       : awdy_shop, military_custom

“Tema Artikel : Ini Bisnisku”

Di era new normal ini, banyak sekali yang memulai bisnis baru atau mempertahankan bisnis untuk menambah penghasilan. Ada yang berdagang makanan, minuman, pakaian, kosmetik hingga alat-alat kesehatan atau perlindungan diri seperti masker dan hand sanitizer. Tentu saja dengan adanya pandemi ini, kita tidak diperbolehkan untuk pergi keluar rumah kalau tidak terlalu penting. Untuk itu banyak pedagang yang memilih menjual barangnya melalui situs-situs online, agar barangnya laku dijual di pasaran.

Pilihan barang yang dijual di pasaran pun pastinya menjandi penentu besar dan kecilnya penjualan. Seperti barang yang kami pasarkan ini merupakan barang yang masih sangat jarang sekali pesaingnya sebab bahan yang menjadi bagian penting dari barang kami tentunya tidak semua orang bisadengan mudah untuk mendapatkannya yaitu kain loreng milik TNI AD, AU, AL dan BRIMOB POLRI, begitu juga pemasangan baret, pet dan atribut pada boneka kostum profesi yang bermacam-macam bentuk, nama dan tingkatan pangkatnya. Banyak orang mengakui bahwa menghafal seragam dan atribut TNI-POLRI bukalah hal yang mudah untuk dilakukan, disitulah banyak orang menyerah untuk menekuni bisnis boneka kostum profesi seperti kami. Kami merasa sangat beruntung memiliki bisnis yang selalu ramai dalam berbagai kondisi, sebab fokus sasaran kami rata-rata adalah pegawai yang memiliki gaji tetap setiap bulannya,  jadi disaat masa pandemi yang mana banyak pegawai di PHK dan perputaran ekonomi sedang tidak stabil kami masih aktif memproduksi boneka profesi yang pemrosesannya menggunakan sistem antrian sebab orderan yang masuk setiap bulannya berjumlah puluhan hingga ratusan boneka.

Saya Ny. Indira Kurniawan sebagai owner boneka profesi yang sudah banyak dikenal dg boneka profesi AWDY SHOP ( nama akun Instagram) saya mengaku kuwalahan dengan orderan yang selalu membanjiri. Di samping tugas saya menjadi ibu dengan satu putri dan juga sebagai wanita karir saya harus benar-benar bisa membagi waktu agar semua kegiatan saya tetap berjalan secara balance.

Diantara padatnya jadwal kegiatan saya selaku owner tetap menyempatkan waktu untuk selalu up to date dengan kondisi lalu lintas pasar online di masa pandemi. Usaha-usaha yang saya lakukan untuk tetap bertahan dg berbagai kondisi adalah dengan sering post foto-foto boneka kostum pada akun Instagram saya dan promosi melalui akun besar dengan merangkul pembisnis onine lainya untuk saling post barang masing-masing, selain itu kami juga memasarkan boneka kostum di dalam sosial media lainnya seperti whatsapp, facebook, tiktok,dll.

Selain bertujuan untuk tetap menggunakan sosial media dengan bijak juga menghasilkan keuntungan bersih yang berkisar antara 5-15 juta rupiah setiap bulannya. Harapannya bisnis kami bisa selalu berkembang, bertahan dan bersaing di pasar internasional serta membuka lapangan pekerjaan dari berbagai wilayah mulai dari pembuat boneka, penjahit, admin, dan juga reseller maupun dropshipper.

“Hidup adalah pilihan, jika bisnis merupakan pilihan hidupmu maka fokuslah dan jalani pilihanmu hingga sukses”

                                                                                                                                                                Oleh : Indira Fajarini

Leave a Reply

Your email address will not be published.