Artikel,  Kegiatan Sekolah,  Kurikulum,  Managemen Mutu

Best Practice DAUR ULANG

BEST PRACTICE DAUR ULANG

OMAH SABUN SKJ (Scrub Kulit Jeruk)

IDENTITAS PENULIS

LokasiSMKN 1 Singgahan
Lingkup PendidikanSekolah Menengah Kejuruan
PenulisNidya Hadmawati, S.E.
Emailnidya.hadmawati@gmail.com
Tanggal Kegiatan05 November 2021

I.          PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Permasalahan yang timbul dari adanya limbah yang bila tidak diolah/di daur ulang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan adanya permasalahan lingkungan terkait hal tersebut adalah masalah sampah yang menumpuk baik sampah organik dan anorganik. KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 2019 mencatat Indonesia memproduksi 67,8 juta ton sampah dalam setahun. Sampah tersebut sebagian kecil dimanfaatkan, tetapi ada sebagian besar yang dibuang (Sumber: https://mediaindonesia.com). Sampah tidak hanya merusak kelestarian lingkungan, tapi juga mengganggu kesehatan masyarakat. Salah satunya sampah organik yang jika tidak terkelola, selain menimbulkan bau tidak sedap dan mengganggu estetika, juga menjadi media perkembangbiakan vektor dan hewan pengerat. Dampak langsungnya menurunkan kualitas lingkungan. Sampah rumah tangga tidak dapat dianggap kecil dalam kapasitas penyumbang sampah bagi lingkungan.

Padahal tanpa disadari, sampah memiliki potensi ekonomis dan dapat menciptakan peluang lapangan pekerjaan baru melalui 6R yaitu rethink (memikirkan kembali), refuse (menolak), reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali, recycle (mendaur ulang, dan repair (memperbaiki). Untuk menciptakan sebuah peluang usaha dari sebuah permasalahan di lingkungan sekitar. Salah satu permasalahan sampah yang berpotensi menjadi peluang usaha yaitu kulit Jeruk. Jeruk dikenal sebagai buah yang memiliki rasa daging buah yang manis dan asam menyegarkan. Mayoritas orang membeli jeruk hanya untuk mengonsumsi daging buahnya saja. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa kulit jeruk juga memiliki berbagai macam manfaat. Kulit buah jeruk mengandung antioksidan kuat dan bisa melawan radikal bebas yang merusak sel-sel kulit sehat. Selain itu, kulit buah yang kaya vitamin C ini juga mengandung kalsium diyakini mampu mencegah penuaan dini dan membantu regenerasi kulit.

Kulit buah jeruk biasanya hanya dibuang dan tidak dimanfaatkan dan menjadi sampah yang tidak ada manfaatnya. Selama ini pemanfaatan kulit jeruk belumdilakukan secara intensif. Hal ini tentu sangat ironi dengan kandungan kulit jeruk yang sangat kompleks. Kandungan kulit jeruk yang paling dominan adalah minyak atsiri. Jenis minyak atsiri dibedakan berdasarkan varietasnya. Minyak atsiri jeruk juga dapat digunakan sebagai pengharum ruangan, bahan parfum, dan penambah cita rasa pada makanan. Selain itu, kulit jeruk dapat dimanfaatkan sebagai aroma terapi yang dapat menimbulkan rasa senang dan tenang, meningkatkan nafsu makan, dan menyembuhkan penyakit serta baik untuk kulit (Eza Ria Friatna,2020).

Optimalisasi pemanfaatan limbah untuk di daur ulang di masyarakat dan sekolah yang saya ambil adalah value added product. Dengan memanfaatkan kulit jeruk sebagai scrub alami pada sabun cuci tangan dan sabun cuci piring. Alasan untuk mengembangkan nilai produk adalah meningkatkan penjualan dengan menciptakan keragaman manfaat yang dihasilkan dari kandungan kulit jeruk bagi kulit, membersihkan lemak dan menambahkan aroma alami. Nama produk yang saya usung adalah “OMAH SABUN SKJ (Scrub Kulit Jeruk)”.

1.2 Tujuan dan Sasaran

  1. Mengurangi limbah organik yaitu kulit jeruk
    1. Memanfaatkan potensi yang ada dari limbah yaitu kulit jeruk untuk mendapatkan nilai ekonomis sebagai value added sabun cuci piring dan sabun cuci tangan.

II.POTENSI LIMBAH SEBAGAI BAHAN BAKU DAUR ULANG

  • Jenis limbah (oranik dan anorganik)

Pemilahan sampah merupakan proses memilah sampah menjadi beberapa elemen. Pemilahan dapat dilakukan secara manual di rumah tangga dan dikumpulkan melalui skema pengumpulan pinggiran jalan (curbside collection scheme) atau dipisahkan secara otomatis di fasilitas rekoferi bahan atau sistem penanganan biologis mekanis (I Made Bayu Dirgantara, 2013).

Limbah adalah sisa dari suatu usaha maupun kegiatan yang mengandung bahan berbahaya atau beracun yang karena sifat, konsentrasi, dan jumlahnya, baik yang secara langsung maupun tidak langsung dapat membahayakan lingkungan, kesehatan, kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Terdapat berbagai macam limbah yang beredar di lingkungan sekitar.

  1. Limbah Organik

Limbah ini terdiri atas bahan-bahan yang bersifat organik seperti dari kegiatan rumah tangga, kegiatan industri. Limbah bisa dengan mudah diuraikan melalui proses yang alami, misalnya dari pestisida, begitu pula dengan pemupukan yang berlebihan. Limbah ini mempunyai sifat kimia yang stabil sehingga zat tersebut akan mengendap ke dalam tanah, dasar sungai, danau, serta laut dan selanjutnya akan mempengaruhi organisme yang hidup di dalamnya. Sedangkan limbah rumah tangga berupa seperti kertas, plastik dan air cucian. Limbah tersebut mempunyai racun yang tinggi misalnya: sisa obat, baterai bekas, dan air aki. Limbah tersebut tergolong (B3) yaitu bahan berbahaya dan beracun, sedangkan limbah air cucian, limbah kamar mandi, dapat mengandung bibit-bibit penyakit atau pencemaran biologis seperti bakteri, jamur, virus dan sebagainya.

  • Limbah Anorganik

Limbah ini terdiri atas limbah industri atau limbah pertambangan. Limbah anorganik berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diuraikan, tidak dapat diperbaharui. Air limbah industri dapat mengandung berbagai jenis bahan anorganik, zat-zat tersebut adalah garam anorganik seperti magnesium sulfat, magnesium klorida yang berasal dari kegiatan pertambangan dan industri. Asam anorganik seperti asam

sulfat yang berasal dari industri pengolahan biji logam dan bahan bakar fosil. Adapula limbah anorganik yang berasal dari kegiatan rumah tangga seperti botol plastik, botol kaca, tas plastik, kaleng dan aluminium.

  • Manfaat limbah kulit jeruk dan Potensi lain kulit jeruk yang sudah ada

Selain memiliki rasa yang segar, buah jeruk juga kaya akan vitamin yang baik bagi tubuh. Tak heran, buah berwarna oranye ini kerap dikonsumsi dalam bentuk jus maupun dimakan secara langsung. Bukan hanya itu, jeruk juga sering dijadikan sebagai bumbu masakan untuk menambah cita rasa. Kulit jeruk juga tak kalah bermanfaat seperti daging buahnya. Aroma harum dari kulit jeruk tak hanya mampu menghilangkan berbagai bau tak sedap, namun juga efektif untuk mengusir serangga. Berikut manfaat dari kulit jeruk

  1. Menghilangkan bau tak sedap pada kulkas
    1. Membersihkan permukaan meja
    1. Menjaga kesegaran pakaian dalam lemari
    1. Melembabkan rambut
    1. Menjaga tekstur brown sugar
    1. Menghilangkan bau tak sedap pada wastafel
    1. Mengusir serangga
    1. Mencampurkan kulit jeruk ke masker sebagai scrub alami yang akan membantu menjadikan kulit cerah dan bebas kusam.
    1. Produk olahan minyak atsiris

III. PRODUK DAUR ULANG

  1. Deskripsi produk daur ulang

Nama produk yang saya usung adalah “OMAH SABUN SKJ (Scrub Kulit Jeruk)”. Produk daur ulang yang dibuat adalah berupa sabun cuci tangan dan sabun cuci piring dengan menambahkan scrub dari kulit jeruk yang memberikan manfaat yang baik bagi kulit dan menambahkan aroma alami. Sabun cuci tangan dikemas menggunakan botol pump ukuran 450 ml dengan warna sabun kuning orange. Sedangkan sabun cuci piring dikemas menggunakan botol ukuran 600 ml dengan warna sabun hijau.

  • Penjelasan teknis proses daur ulang beserta dokumentasinya.

1. Siapkan alat dan bahan (Untuk hasil 1 L sabun)

  • Kulit Jeruk
    • Biang Sabun
    • Air
    • Oven
    • Baskom
    • Pisau
    • Gunting

2. Cara membuat serbuk kulit jeruk sebagai scrub dan aroma alami

  1. Siapkan kulit jeruk yang akan kitaa olah dan cuci bersih
  2. Bersihkan bagian dalam kulit jeruk dari lapisan putih yang menempel menggunakan pisau
  3. Letakkan kulit jeruk di atas loyang
  4. Panggang kulit jeruk menggunakan oven dengan suhu 1000C api bawah selama 25 menit
  5. Keluarkan kulit jeruk dalam oven
  6. Kemudian balik pada sisi berikutnya.
  7. Setelah itu panggang kembali dengan suhu 1000C api bawah selama 25 menit
  8. Keluarkan kulit jeruk dari dalam oven dan pastikan keringsempurna
  9. Kulit jeruk kering siap diolah
  10. Blender kulit jeruk kering hingga halus
  11. Berikut tekstur serbuk kulit jeruk yang siap pakai

3. Cara membuat sabun

  1. Siapkan biang sabun dan tuang ke dalam baskom. Masukkan 1 L air bersih secara bertahap sedikit demi sedikit, aduk hingga larut dan kental. Diamkan sabun selama 3-4 jam hingga busa hilang dan sabun menjadi bening.
  2. Campurkan serbuk kulit jeruk sebagai scrub ke dalam sabun cair dan aduk rata.
  3. Sabun dikemas dan siap digunakan.
  • Keuntungan/manfaat ekonomi bagi masyarakat pelaku dari produk daur ulang yang dihasilkan;
  • Mengurangi limbah yang dapat mencemari lingkungan
  • Menambah nilai ekonomis dari limbah
  • Mengubah sampah organi yaitu kulit jeruk menjadi barang yang bernilai ekonomis
  • Menumbuhkan kreatifitas
  • Memberi pengetahuan lebih mengenai pengolahan limbah tanpa biaya yang mahal
    • Dampak terhadap Pelestarian Lingkungan dan peningkatan perekonomian;
  • Mengurangi pencemaran lingkungan
  • Menciptakan lingkungan yang bersih
  • Menambah nilai ekonomis suatu produk dengan value added

4.1 Simpulan

Permasalahan yang timbul dari adanya limbah yang bila tidak diolah/di daur ulang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Adanya permasalahan lingkungan terkait hal tersebut adalah masalah sampah yang menumpuk salah satunya sampah organik. Optimalisasi pemanfaatan limbah untuk di daur ulang di masyarakat melalui value added product dengan memanfaatkan kulit jeruk sebagai scrub alami pada sabun cuci tangan dan sabun cuci piring. Supaya meningkatkan penjualan dengan menciptakan keragaman manfaat yang dihasilkan dari kandungan kulit jeruk bagi kulit, membersihkan lemak dan menambahkan aroma alami. Produk yang dihasilkan diberi nama “OMAH SABUN SKJ (Scrub Kulit Jeruk)”.

  • DAFTAR PUSTAKA

Hayat, Hazan, Zayadi (2018). Model Inovasi Pengolahan Sampah Rumah Tangga. Journal. Vol 2

I Made Bayu Dirgantara (2013). Pengetahuan mendaur ulang sampah rumah tangga dan niat mendaur ulang sampah. Journal Studi Manajemen dan Organisasi. Undip. Vol 10 https://mediaindonesia.com/humaniora/410699/pengelolaan-sampah-dapat-datangkan- manfaat-ekonomi. (2021)

https://kumparan.com/kumparanfood/sering-dibuang-ini-7-manfaat-tersembunyi- kulit-jeruk/full. (2018)

https://balitbu.litbang.pertanian.go.id/index.php/hasil-penelitian-mainmenu-46/593- minyak-atsiri-jeruk-manfaat-dan-potensi-peningkatan-nilai-ekonomi-limbah-kulit- jeruk. (2014)

Foto Produk Sabun Cuci Piring dan Sabun Cuci Tangan dari “OMAH SABUN SKJ (Scrub Kulit Jeruk)

  • Link Video (Youtube)

https://youtu.be/wxp58eL15Zw

Leave a Reply

Your email address will not be published.